Olahraga Golf dan Kecerdasan Dalam Berfikir

InfogolfIndonesia.com – Olahraga Golf adalah permainan yang tidak hanya menantang keterampilan fisik tetapi juga kemampuan Anda untuk tetap tenang dan fokus. Dan ternyata, ini juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak. Apapun handicap Anda, olahraga golf dapat memberikan stimulasi otak yang menyenangkan, interaksi sosial yang merangsang otak, meningkatkan harga diri serta mempertajam konsentrasi.

Mengapa bisa begitu? Ini alasan-alasan hubungan olahraga golf dengan kecerdasan;

1) Sosialisasi

Interaksi hingga percakapan di lapangan dengan pemain lain, akan menjadi sosialisasi yang bagus. Dalam sebuah studi di tahun 2008, bahwa bersosialisasi secara langsung dengan orang lain akan meningkatkan fungsi kognitif. Apakah selanjutnya akan menjadi sebuah pembicaraan bisnis atau berlibur bersama antar keluarga, pastikan untuk melakukan sosialisasi ini.

2) Meningkatkan Fungsi Mata

Saat bermain golf, Anda tidak hanya akan fokus ketika bola ada di dekat kaki namun juga akan belajar fokus untuk mencari dimana bola golf jatuh setelah dipukul. Dengan lapangan yang serba hijau, fungsi mata (secara visual) akan belajar untuk mencari bola sehingga merangsang fungsi pelacakan di otak.

3) Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Tubuh yang bergerak memiliki manfaat yang sangat baik bagi otak, aliran darah yang lancar bisa meningkatkan stimulasi peredaran darah ke otak. Setelah memukul bola golf, kemudian berjalan menuju tempat jatuhnya bola, menambah kebugaran tubuh dan meningkatkan energi yang mengalir sehingga otak menjadi lebih segar dalam berpikir.

4) Berlatih Visualisasi

Tidak harus seperti Tiger Wood untuk belajar teknik visualisasi sederhana. Dengan membayangkan pukulan yang dilakukan, putt atau keseluruhan bentuk dari gerakan yang dilakukan, akan melatih otak kanan sehingga menambah daya kreatif. Ditambah lagi dengan visualisasi ini, akan muncul efek positif dari hasil akhir permainan golf.

5) Strategi

Tidak peduli di mana Anda memukul bola, Anda  harus menyusun strategi untuk mengarahkan bola ke dalam lubang. Hal ini tidak hanya memerlukan penggunaan geometri, tetapi juga analisis dari kondisi lingkungan dan kekuatan pukulan. Praktek memecahkan masalah ini menjadi porsi latihan otak kiri.

6) Koordinasi

Golf sering disebut sebagai permainan yang memerlukan koordinasi yang sangat baik. Apakah itu tangan-mata, presisi pukulan yang berulang, atau keseimbangan setelah Anda menyelesaikan ayunan Anda, ini semua merupakan praktek-praktek latihan untuk otak Anda – untuk salah satu daerah otak Anda yang bertanggung jawab untuk koordinasi.

7) Mempertajam Fokus Anda

Dengan berkonsentrasi pada bola dan membayangkan ayunan Anda, Anda melatih otak Anda untuk fokus. Lapangan golf cenderung menjadi tempat yang cukup tenang, tapi Anda masih harus memblokir beberapa kebisingan dalam otak dan gerakan sekitarnya. Semakin sering Anda berlatih, semakin mudah untuk mengontrol perhatian dan pengolahan pikiran.

8) Afirmasi Positif

Dalam bermain golf, afirmasi positif sangat penting. Dengan memiliki keyakinan bahwa Anda bisa memukul atau memasukkan bola ke putt, maka kemungkinan besar akan mendekati kenyataan. Afirmasi positif ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan juga otomatis harga diri. Percaya diri akan lebih mampu menumbuhkan semangat yang positif dan berpengaruh terhadap kreatifitas otak Anda.

9) Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa orang dengan rasa rendah diri yang tinggi cenderung mengurangi kreatifitas. Apabila Anda bermain golf dan sulit menghilangkan hasil buruk pada ingatan, maka itu akan terus menambah penyusutan kepercayaan diri. Dengan menyelesaikan putaran permainan golf yang sulit, Anda bisa menambah dorongan yang bagus terhadap diri sendiri untuk lebih percaya diri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *