tips bermain golf

8 Tips Bermain Golf : Untuk Pemula

8 Tips Bermain Golf : Untuk Pemula – Tertarik bermain golf, tapi tidak tahu harus dari mana? Mudah saja, mulailah mencari driving range (tempat berlatih memukul bola) dan menemukan pelatih yang bisa membimbing bagaimana bermain golf dengan benar.

Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggeluti olahraga golf:

1. Sabar
Seperti olahraga lainnya, bermain golf juga membutuh kesabaran. Langkah demi langkah harus dilalui agar pukulan kamu menuju sempurna. Baik tua maupun muda, harus memulai dengan berlatih memukul bola.

2. Datangi Driving Range
Sebagai langkah awal, kamu bisa langsung mendatangi driving range buat berlatih memukul bola. Bila perlu, kamu juga bisa mencari pelatih untuk pemula agar latihan kamu menjadi lebih efektif dan benar.

Latihan di driving range menjadi penting karena kamu akan belajar teknik memukul bola dan bagaimana cara memukul bola. Bila sudah yakin dengan teknik dan cara memukul bola, kamu bisa langsung ke lapangan sesungguhnya.

3. Club Set
Bila sudah bisa memukul bola dengan baik dan benar, kamu boleh pertimbangkan untuk membeli club set (stick golf lengkap 1 set). Stick baru boleh saja dimiliki kalau kamu memang memiliki uang berlebih. Sebagai pemula, sebaiknya menggunakan stick seken karena sayang kalau memakai yang baru.

4. Perlengkapan lain
Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan perlengkapan pendukung seperti, sepatu khusus untuk bermain golf, topi, glove atau sarung tangan golf, handuk kecil, t-shirt golf model polo, dan topi.

5. Siap mental
Olahraga golf memerlukan kesiapan mental yang cukup dalam berlatih. Di driving range akan ada banyak orang yang berlatih sama seperti kamu. Di sana, ada yang benar-benar serius berlatih, hanya iseng mengisi waktu luang, atau sekedar melihat-lihat.

Tetaplah berkonsentrasi untuk belajar bermain golf. Jangan takut dan grogi dalam memukul bola. Konsentrasi pada posisi bola, sikap tubuh dan tentu saja ayunannya.

6. Pukul jauh
Jauhkan keinginan buat memukul jauh. Artinya, jangan dahulu melihat hasil, namun cobalah memperhatikan proses, apakah bola sudah dipukul tegak lurus dengan permukaan club? Apakah ayunan back swing kita terlalu tegak ataupun terlalu datar? Posisi stick pada saat back swing (ayunan ke belakang) sangat menetukan down swing kita. Lalu perhatikan apakah posisi permukaan club tegak lurus dengan permukaan bola?

7. Pakai bola seperlunya
Berlatih di driving range memang banyak menguras biaya dan tenaga. Sebut saja seperti biaya penyewaan bola dan tip menggunakan jasa caddy. Semakin banyak bola digunakan, semakin tinggi biaya yang dibutuhkan. Sama halnya bila tidak menggunakan jasa caddy, kamu harus menguras banyak tenaga untuk memposisikan bola di atas tee.

Gunakan bola seperlunya, lebih baik rajin-rajin melakukan analisis dan evaluasi setiap memukul beberapa bola.

8. Simulator Golf
Kalau ingin merasakan sensasi belajar golf yang berbeda, kamu juga bisa datang ke tempat yang menyediakan simulator bermain golf seperti GolfMax. Pusat simulasi golf indoor ini merupakan satu-satunya di Indonesia, bahkan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Terdapat tiga pilihan simulasi yang bisa kamu pilih yaitu:

– 18-hole courses
Dengan teknologi virtual realistic, GolfMax menghadirkan akurasi dan detil yang mengagumkan, sehingga kamu seolah-olah bermain di padang-padang golf terbaik dunia, tempat para professional biasa mengayunkan stik golfnya.

– Driving Range
Ya, simulasi ini adalah jawaban doa para penyuka pukulan-pukulan jarak jauh. Di sini, terdapat pilihan penambahan jarak, kecepatan dan lintasan, sehingga kamu terus tertantang untuk mengayunkan stik golf.

– Approach Mode
Yang satu ini adalah permainan golf singkat dengan mode yang bisa ditentukan sendiri. Tujuannya adalah untuk mengasah konsentrasi sehingga pukulan semakin mantap dan terarah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *