Dasar Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

Jenis stik golf – Dalam peraturan golf setiap pemain diperbolehkan menggunakan atau membawa maksimal 14 club(stik golf),terdiri dari 3 jenis utama yaitu Wood,Iron dan Putter. Wood digunakan untuk pukulan jauh, club ini disebut dengan driver (wood no 1) untuk keperluan pada saat melakukan tee-shot(pukulan pertama),Iron untuk pukulan menengah atau pukulan kedua,mengincar area green (tempat hole(lubang)), terkahir adalah putter untuk keperluan membuat goal atau memasukkan bola ke dalam hole(lubang).Dari satu set club terdiri dari:

3 wood dengan ukuran 3 s/d 5,dan ukuran wood no 1 disebut driver.
7 iron dengan no 3 s/d 9.
1 Iron pitching wedge digunakan untuk memukul menuju green.
1 Iron sand wedge digunakan untuk memukul jika bola masuk kedalam bunker(rintangan berupa kubangan pasir).
1 Putter digunakan untuk memasukan bola ke dalam hole(lubang).

Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

Wood.
Jenis pertama dari club golf adalah wood,pada awalnya head(kepala) dari wood ini terbuat dari kayu namun disaat sekarang terbuat dari terbuat dari titanium ataupun logam jenis lain.Stik ini digunakan untuk melakukan pukulan pertama,untuk menghasilkan jarak yang jauh.

Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

Iron.
jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga jenis klub ini biasanya selalu dalam jumlah yang jumlah yang terbanyak dari klub di yang ada di tas pegolf.Irons masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Semua tergantung dari material besi yang anda gunakan,Anda masih bisa mempunyai tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dan bisa memukul bola anda sesuai dengan jarak yang anda inginkan.

Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

Iron biasanya dimulai dari no 3 sd 9 plus P (Pitching), Iron 3 yang paling panjang shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang kecil, makin besar nomor ironnya makin pendek shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang makin besar.

Ada banyak jenis irons yang memiliki fungsi yang lebih spesifik, misalnya SW Sand Wedges yang bisa memudahkan untuk keluar dari jebakan pasir atau Wedges dengan ukuran 52 , 54, 56 , 60 derajad yang digunakan untuk melakukan lob bola agar melambung jatuh di green tidak meluncur, bahkan dengan teknik tertentu bolanya bisa memiliki backspin yang tinggi sehingga ketika mendarat di green bisa meluncur mundur.

Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

Jenis klub yang terakhir adalah klub golf putter, dan di dalam tas golf standar biasanya hanya berisi salah satunya.Jenis klub ini biasanya digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus.Jenis klub putter dirancang khusus untuk menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target.Bola yang dipukul menggunakan putters tidak bertujuan untuk terbang di udara namun sebaliknya putters hanya mendorong ringan di tanah di mana mereka akan menggulung dengan lembut ke target.Bisa dibilang puting ini adalah bagian yang paling penting dalam permainan golf, sehingga merupakan ide yang baik untuk lebih sering berlatih dan mendapatkan putter bagus.

Jenis – Jenis Stik Golf Dan Kegunaannya

3 jenis klub di atas merupakan perlengkapan dasar untuk permainan golf. Selanjutnya anda perlu belajar untuk mengenali kapan anda harus menggunakan irons atau wood, perlu banyak berlatih di driving range maupun dilapangan untuk memahami karakter dari masing-masing klub.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *