Info Golf Indonesia

Etika bagi para Golfer Pemula

Etika bagi para Golfer Pemula

Dalam setiap cabang olah raga masing-masing mempunyai aturan-aturan dasar yang harus dipatuhi oleh setiap atlet atau pun yang hobi terhadap olah raga tersebut. Dalam olah raga golf demikian terdapat aturan (etika) untuk para pencinta golf, dengan mempelajari etika serta aturan bermain golf sebelum belajar memukul bola, kita bisa menciptakan atmosfer permainan yang nyaman terutama saat bermain bersama orang-orang baru. Bagi golfer pemula, berikut ini beberapa etika dalam permainan golf yang perlu Anda ketahui dan terapkan ketika berada di lapangan.

Etika Bermain Golf Untuk Para Golfer Pemula

Menjaga keselamatan bersama
etika bermain golf yang pertama yakni menjaga keselamatan bersama. Ketika melakukan pukulan atau swing, pastikan bahwa tak ada orang yang berdiri di dekat Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa orang-orang di sekitar Anda tak akan terkena ayunan stik, bola, ranting, batu atau benda lainnya. Tunggu sampai pemain lain yang ada di depan berada jauh dari jangkauan pukulan, baru mulai bermain.

Memberikan peringatan
Anda juga perlu memperingatkan petugas yang ada di dekat Anda ketika hendak melakukan pukulan. Jika bola Anda mengarah ke pemain yang ada di depan, peringatkan mereka dengan menyerukan “Fore”. Hal ini akan membuat pemain lain menjadi awas dan menghindari bola yang mengarah ke mereka.

Bertenggang rasa terhadap pemain lain
Bertenggang rasa terhadap pemain lain merupakan etika bermain golf yang wajib dilakukan. Ketika bermain golf bersama rombongan sebaiknya saling menjaga ketenangan. Jaga jarak dengan pemain lain dan jangan mengganggu pemain lain yang hendak memukul bola. Atur perangkat elektronik yang dibawa ke lapangan dalam mode silent, sehingga tidak berpotensi mengganggu konsentrasi pemain lain. Di samping itu, biarkan pemain yang berada paling jauh dari hole untuk lebih dahulu memukul bola.

Ikuti tempo permainan, jangan menjadi pemain yang lambat
Dalam permainan golf, lazimnya ada aturan tempo permainan yang seyogianya diikuti oleh para pemain. Jika kita tak bisa mengimbangi tempo permainan dengan grup yang ada di depan, maka kita akan menjadi penghambat bagi grup lain yang ada di belakang kita. Jika grup di belakang kita bermain dalam tempo lebih cepat daripada grup kita, sebaiknya persilakan mereka untuk mendahului. Apabila Anda termasuk pemain yang lambat, persiapkan diri untuk bisa memukul kapan saja ketika giliran Anda tiba.

Jangan terlalu lama melakukan persiapan dan jangan mencari bola yang hilang lebih dari lima menit. Izinkan pemain lain untuk bermain duluan jika Anda ingin mencari bola. Untuk menghemat waktu, bermainlah dengan bola cadangan apabila bola utama hilang di rintangan air atau di luar jangkauan.

Hargai waktu orang lain
Menghargai waktu orang lain termasuk salah satu etika bermain golf yang harus diterapkan oleh pemain baik pemula maupun profesional. Datang tepat waktu dan selalu menyempatkan diri untuk menepati jadwal latihan merupakan wujud menghargai waktu orang lain yang seharusnya dilakukan oleh semua pemain. Waktu merupakan komoditi yang berharga. Oleh sebab itu, hindari membatalkan janji main golf di saat-saat terakhir dan selalu menyempatkan waktu untuk bermain golf sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Rawatlah kondisi lapangan
Setelah melakukan pukulan dari dalam bunker, pemain disarankan untuk meratakan semua lubang maupun bekas jejak kaki yang tampak di permukaan pasir. Demikian juga ketika memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola di green serta mengembalikan divot seperti semula.

Jaga penampilan Anda
etika bermain golf tak hanya perihal sikap pemain di lapangan, tapi juga penampilan mereka. Semua pemain golf profesional pasti tampil rapi mulai dari atas hingga bawah. Mereka mengenakan baju dengan rapi hingga sepatu yang bersih. Pemain golf profesional menyadari bahwa penampilan mencerminkan kepribadian. Gaya busana yang rapi memberi kesan bahwa pertandingan golf merupakan ajang yang istimewa dan berkelas.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *